Sebelum Memakai Baju Awul: Cuci Dulu!

By Born Thrift Way - Desember 07, 2017


Hello, Thrifters! Sudahkah kalian mengunjungi toko awul? Bagi kalian yang belum pernah mencobanya, maka kalian harus pergi kesana untuk merasakan serunya ‘berburu’ di toko yang satu ini. Tapi, untuk kalian yang sudah pernah mencobanya, bahkan berhasil mendapatkan pakaian yang menarik untuk dibeli, ada satu hal penting yang harus kalian perhatikan. Apa itu? Yup, cuci dulu bajumu sebelum dipakai!

Mungkin hal ini terkesan remeh-temeh bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang beruntung mendapatkan baju awul (yang terlihat) bersih. Tapi, nyatanya mencuci baju awul itu sangat penting. Caranya juga khusus lho, Thrifters. Bagaimanapun, baju awul adalah baju bekas pakai yang sudah diimpor kesana-sini dan ditumpuk di berbagai tempat. Kita juga tidak pernah tahu bagaimana kondisi pengguna sebelumnya. Maka, kebersihannya cenderung tidak terjamin.

But, no worries! Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara mencuci baju awul sampai se-bersih-bersihnya dengan se-mudah-mudahnya. Dijamin, setelah membacanya, kalian tidak perlu ragu lagi untuk bergaya dengan baju awulSo, here goes the steps:


  1. Siapkan panci, ember/baskom, deterjen, pewangi/pelembut, pemutih/sitrun (jika diperlukan), dan baju awul yang siap dicuci.
  2. Tuangkan air secukupnya (disesuaikan dengan ukuran baju awul supaya nantinya bisa terendam sempurna) ke dalam panci, kemudian rebus hingga mendidih (100°C).
  3. Perhatikan label petunjuk perawatan baju awul yang hendak dicuci:
    • Jika bajunya aman untuk direbus, maka masukkan baju awul tersebut ke dalam panci. Aduk selama 10-15 menit. Kemudian, matikan kompor.
    • Jika bajunya tidak ber-label, atau perebusan dirasa akan merusak serat kain baju, maka pindahkan air mendidih ke dalam ember/baskom. Masukkan baju awul ke dalamnya dan aduk selama beberapa saat.
  4. Setelah diaduk, rendam baju tersebut selama satu malam. Perendaman dengan air panas akan mensterilkan baju (bakteri/kuman/virus dalam baju akan mati di suhu yang tinggi).
  5. Bila sudah direndam semalaman, buang airnya. Lalu, cuci baju secara manual (menggunakan tangan). Gunakan deterjen dan pewangi/pelembut seperti biasa. Kemudian, apabila kalian ingin juga memutihkan baju, tambahkan pemutih/sitrun. Jangan lupa untuk mengucek/menggosok seluruh bagian baju ya, Thrifters!
  6. Keringkan baju awul yang sudah dicuci bersih dengan pengering mesin cuci. Tak ada mesin cuci, perasan tangan-pun jadi!
  7. Jemur baju awul yang sudah dikeringkan. Usahakan untuk meletakkannya di bawah sinar matahari ya Thrifters, supaya bakteri/kuman/virus benar-benar terangkat dan hilang.
  8. Segera setrika baju awul yang sudah benar-benar kering (suhu setrika disesuaikan dengan bahan baju). Lipat yang rapi, dan masukkan ke dalam lemari.
  9. Voila, baju awul yang sudah tidak awul-pun siap dipakai!

Another tips:

  • Usahakan untuk tidak malas mencuci baju awul sendiri ya, Thrifters. Kalian tidak disarankan untuk mencucinya di binatu/laundry service. Mengapa? Karena baju awul itu harus dicuci dalam keadaan tunggal, tidak boleh dicampur dengan cucian lain. Selain itu, gosokan tangan dipercaya lebih kuat untuk menghilangkan noda daripada putaran mesin cuci.
  • Dikutip dari detikHealth, dr. Eddy Karta, SpKK mengatakan bahwa cairan pemutih adalah antiseptik yang kuat dan efektif untuk menghilangkan mikroorganisme jahat dalam baju awul, begitu pula dengan baking soda dan cairan cuka. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan salah satu dari ketiga cairan tersebut ke dalam air rendaman baju awul kalian.

Begitulah cara mencuci baju awul dengan benar, Thrifters. Langkah-langkah tersebut akan menjauhkan kita dari risiko baju awul yang tidak diinginkan (sebut saja gatal-gatal, alergi, dan penularan penyakit kulit lainnya).

So, jangan pernah takut lagi untuk membeli baju awul. Dengan perawatan yang baik, kita bisa terlihat fashionable dengan baju awul tanpa khawatir sedikitpun. Jadi, tunggu apalagi? Nggak ngawul, nggak gaul! Peace out :) [Erl]

Referensi
Pengalaman salah satu kontributor kami, Nadcette.
https://bacaterus.com/cara-mencuci-baju-bekas/
https://health.detik.com/read/2015/02/04/161713/2823601/763/cara-tepat-mencuci-pakaian-bekas-agar-tak-tertular-penyakit-infeksi
http://www.carabuas.xyz/2016/01/cara-mencuci-pakaian-bekas-import.html

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Pasar awul yg banyak merk sportnya dmn yah min?

    BalasHapus
  2. berarti pas direndam air panas ditambah baking soda ya min? cmiiw

    BalasHapus